Mengurangi Rasa Malas

image

Kemalasan adalah suatu sifat yang pasti dimiliki semua orang dari waktu ke waktu. Semua orang bertanya-tanya pada diri mereka sendiri dari waktu ke waktu “Bagaimana saya dapat menghilangkan rasa malas?”.

Mengatasi kemalasan, atau kemampuan untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin kita lakukan, adalah bagian penting dalam mencapai keberhasilan. Hari ini kita akan fokus pada bagaimana untuk menyelesaikan semua tugas-tugas kecil dimana kita tidak punya keinginan untuk menyelesaikannya. Orang malas membiarkan tugas-tugas kecil tak terselesaikan terlalu lama. Orang-orang sukses selalu menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan cepat dan seefisien mungkin. Berikut ini ada 7 tips untuk mengatasi rasa malas yang WakJoo kutip dari syaifulmaghsri.com.

 

1. Hidup terorganisir
Aspek yang paling penting untuk mengatasi kemalasan adalah hidup terorganisir. Begitu banyak keinginan kita untuk melakukan sesuatu yang produktif tetapi keadaan di sekitar membuatnya tampak mustahil untuk dilakukan dan membujuk kita untuk tidak melakukan bahkan memulai tugas kita. Ruang kerja yang bagus, bersih dan terorganisir akan mengajak kita untuk melakukan beberapa pekerjaan dan menjadi lebih produktif. Tempat yang berantakan akan menyebabkan kita malas belajar atau malas bekerja dan memilih untuk tidur di sofa ataupun kasur yang ada. Sisihkan beberapa jam untuk membersihkan dan mengatur ruang kerja – segala sesuatu yang ada di meja Anda, file – file yang ada di komputer, link – link favorit yang ada di browser dll. Buatlah segalanya lebih bersih, mudah dan efisien.

 

2. Membuat ‘to-do’ list (daftar kegiatan) setiap malam sebelum tidur
Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita sehingga kita dapat memvisualisasikan apa yang perlu dilakukan. Setiap malam membuat ‘to-do’ list pada laptop atau buku dan menambahkan 5-10 hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya. Dari tugas-tugas kecil seperti pergi ke bank untuk tugas besar seperti menyelesaikan proyek. Segala sesuatu yang perlu dilakukan harus ditulis pada ‘to-do’ list. Tidak ada tugas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk dimasukkan ke ‘to-do’ list.

 

3. Selesaikan hal pertama yang ada di ‘to-do’ list di pagi hari
Kita semua tahu bahwa rasa takut, dari azab yang akan datang, ketika kita tahu kita harus melakukan sesuatu tapi kita tidak ingin melakukannya. Jadi kita menundanya dan menundanya dan itu hanya terus membuat kita terbiasa untuk menunda, sehingga sulit untuk melakukan tugas itu. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan perasaan itu adalah untuk melakukan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di pagi hari. Selesaikan semua tugas di pagi hari, dimulai dengan tugas yang tersulit dan berakhir dengan tugas termudah. Setelah Anda menyelesaikan semua tugas Anda di pagi hari, maka Anda memiliki sisa waktu di hari itu dan bebas untuk melakukan apa saja.

 

4. Jadilah orang aktif dan sadar akan waktu
Memulai dan menyelesaikan ‘to-do’ list tepat waktu di setiap pagi sangat penting. Ini disebut kebiasaan dan rutinitas dan itulah yang memisahkan malas dari produktif. Bila Anda memiliki rutinitas dan kebiasaan maka akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tidak memiliki rutinitas itu membuat sangat sulit mencapai apa-apa. Mulai rutin, menentukan waktu spesifik untuk memulai dan mencapai tujuan Anda setiap hari dan selalu sadar waktu. Anda tidak ingin menyia-nyiakan  apa yang telah Anda mulai. Melihat jam memaksa Anda untuk lebih berkonsentrasi, bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk menyelesaikan semua yang dilakukan.

 

5. Selalu membawa notebook atau catatan
Membawa notebook setiap saat akan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu alasannya adalah bahwa ide-ide sering kali datang ketika kita mengemudi di jalan, berjalan menyusuri jalan, duduk di kereta api atau tempat lain di mana kita tidak siap untuk melakukan ide – ide tersebut. Membawa notebook akan membuat Anda dapat menuliskan ide-ide, tugas akan yang akan Anda lakukan besok dan kita dapat membacanya lagi pada malam hari saat membuat ‘to-do’ list.

 

6. Tetapkan hari minggu untuk bermalas – malasan
Menurut Syaiful M Magshri menjadi produktif sepanjang minggu adalah perasaan yang hebat. Setelah menjadi produktif, sangatlah dianjurkan untuk mengambil satu hari untuk bermalas – malasan setiap minggunya, dan tidak ada hari yang lebih baik daripada hari Minggu. Kebanyakan kantor atau sekolah akan tutup pada hari Minggu, kebanyakan orang tidak mengangkat telepon yang berhubungan dengan pekerjaan atau menanggapi e-mail pada hari Minggu. Mengambil hari Minggu untuk bermalas-malasan akan membiarkan Anda beristirahat dan mempersiapkan untuk hari paling penting dalam seminggu yaitu hari Senin. Hal ini juga dapat membuat diri anda lebih fresh dan sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s