Two brothers from Yamaha

Satu rahim dan bentuk fisik mirip , secara umum kita menamainya sebagai kembar siam alias kembar identik. Hal ini bisa saja kita sandangkan kepada dua model motor yang lahir dari rahim Yamaha ini 🙂 . Yamaha Vega dan Yamaha F1ZR , meskipun secara fisik ( body hampir 100% ) memiliki kesamaan di sisi mesin keduanya jauh berbeda 180° .

Hal ini sangat jelas karena Yamaha Vega menggunakan mesin 4 stroke sedangkan F1ZR menggunakan mesin 2 stroke. Untuk urusan performa mesin F1ZR tidak diragukan lagi karena saat itu sering digunakan dalam acara kebut-mengebut 😀 .Wakjoo masih sangat ingat dimana dulu F1ZR menjadi idola para remaja . Suara yang keluar dari kenalpot 2 stroke memang sangat memikat , sehingga menambah nilai plus buat pengendaranya. F1ZR adalah reingkarnasi dari Yamaha force one , dimana nama force one disingkat menjadi F1 dan tambahan ZR digunakan untuk menyematkan arah mengentalkan nilai sportynya. Wakjoo pun masih ingat kalau F1ZR itu memiliki 2 tipe , tipe Sporty ; tipe ini menggunakan kopling semi manual dimana ada handel kopling manual disisi kiri , walaupun demikian mengoper transmisi tanpa tuas kopling pun tak masalah (lebih easy) , sedangkan tipe full clutch ; menggunakan transmisi manual , dimana tuas kopling harus digunkan dalam memindah transmisi.

Yamaha Vega sendiri adalah kelanjutan dari Yamaha planet superman 😀 alias Yamaha Crypton , yang sampai saat ini versi lawas Vega atau Crypton masih sangat digandrungi oleh penyuka kecepatan khususnya untuk drag race, karena diyakini memiliki material mesin yang lebih baik daripada Vega maupun Jupiter / Jupiter Z (bukan MX) 😀

Berikut dua foto motor tersebut yang kebetulan sama-sama mampir didepan toko Wakjoo .

image

image

Iklan

4 responses to “Two brothers from Yamaha

  1. Motor jozz jaman smu dulu.

  2. kembar dampit…kalo bayi tuh, satu cowok satu cewek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s