Berbagai istilah kicau burung

image

Bergabung dengan berbagai komunitas burung kicau serta memelihara burung kicauan membuat hati senang. Berada dirumah dengan berbagai kicauan burung membuat suasana dirumah menjadi nyaman.

Berikut wakjoo berikan beberapa istilah tentang kicauan burung untuk menjawab banyaknya pertanyaan tentang perbedaan “ ngriwik “, “ ngalas”, “ ngerol “, dan “ ngeplong “, “Gedongan” , “Engkel” , “double slah ” , “Roppel/Semi ropel “…berikut penjelasan nya silahkan yg mau menambahkan lagi monggo. Jika ada yang mau bertanya di simak dulu tulisannya :

1. Ngriwik adalah: Mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Lagu yang di replay burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Fase ini biasanya digunakan burung sebagai kesempatan untuk belajar meng-aransemen lagu dengan baik dan harmonis.

2. Ngalas adalah istilah untuk kemampuan burung melagukan suara kicauan asli burung seperti di habitatnya

Ngalas adalah suara ngerol asli terdiri dari suara yg rapat disambung2 dalam tempo yang cepat, nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang/ropel/roll

3. Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1.

image

4.Gedongan Ialah kualitas yang tempati grade paling rendah. Dimaksud gedongan atau ngingklung ( datang dari kata ngelingkung/lingkungan) lantaran telah tidak seperti biasanya burung jenis cucak yang mesti mempunyai suara alam/hutan/murni. Jadi berkesan seperti kicauan yang umum/kerap kita temui.

5.Engkel Disebut juga ngengkel, dengan cara kualitas tambah baik dari gedongan lantaran tetap terus mempunyai suara khas , tetapi suaranya kurang tidak tipis, mengambang atau kurang mempunyai desakan suara dalam, lambat temponya. Penambahan kualitas type suara ini cuma dapat hingga step engkel panjang.

6.Engkel panjang/engkel ngelagu Sesungguhnya kualitasnya telah tergolong sukup baik. burung ini rajin berkicau, tetapi kerapkali cuma menonjolkan variasi-variasi panjangnya saja serta tidak sering berkicau dengan irama yang cepat.

7.Semi Roppel/Semi Rovel Kecepatan suaranya seringkali terdengar, tetapi tetap ada celah/celah atau jarak antar variasinya tetap ada lubang. Celah pada lubang tersebut ada kemungkinan terisi suara burung yang lain.

8.double slah (dari asal kata celah) (arti/tren baru) Arti ini kurang popular serta bisa disebutkan baru. Tingkatan suara ini tergolong baik, speednya dibawakan seringkali walau demikian tetap ada celah yang sangat mungkin suara lain mengikutinya.

9.Roppel/rovel/ngropel Arti roppel/rovel/ngropel arti aslinya belum terang, barangkali dapat di ambil dari arti rope/tali atau roll yang bermakna bergulung. Suara type ini karena bercirikan suara yang panjang serta bergulung-gulung seolah tidak mempunyai jarak, tidak ada celah/slah di antara setiap untaian iramanya dan terdengar memiliki volume besar serta keras.

image

Dirangkum dari berbagai sumber (KPBT), semoga menjadi pengetahuan buat kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf…

Iklan

3 responses to “Berbagai istilah kicau burung

  1. Nuwun sewu para master2 kicau mania. Mau tanya, istilah ngriwik itu dari kata apa ya? knp burung yg masih belajar berkicau disebut ngriwik? Matursuwun.

  2. KPBT itu kamus apa mas? bisa beli di mn ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s