Dampak Kenaikan Harga BBm

Beberapa waktu yang lalu Indonesia mendapatkan Presiden baru dari hasil pemilihan umum langsung oleh rakyat. Presiden terbaru Jokowi Dodo dan wakilnya Jusuf Kala. Beberapa minggu yang lalu keduanya dilantik dan diambil sumpahnya untuk menahkodai negara besar yaitu negara Indonesia.
Belum genap satu bulan menjabat sebuah isu sudah sontak membuat sebagian rakyat menjadi bingung. Apa yang menyebabkan kebingungan ??? Yahhhhh apa lagi kalau bukan soal BBM ,  di akhir kepemimpinan presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono dan Budiono rencana ini memang masih sebatas wacana. Namun untuk yang sekarang ini hitung-hitungannya sudah ada.

image

Premium dan Solar keduanya naik Rp 3000. Sebuah kenaikan yang sangat W.O.W menurut Wakjoo. Kalau dengan alasan menghemat APBN kenapa cara ini yang dilakukan ??? Masih ada beberapa cara jalan tengah untuk hal penghematan APBN , salah satu contoh mendasar pemerintah dapat merubah pola penyerapan dana anggaran.

Contoh sederhana begini (pakai narasi orang tua (Negara / pemerintah pusat) dan anak (pemerintah daerah) )
Orang tua => memberi anak uang jajan Rp 1.000.000 untuk satu tahun.
Anak => dalam waktu satu tahun harus menghabiskan uang senilai Rp 1.000.000.

Jika dalam satu tahun sang Anak tidak menghabiskan uang jajannya atau dalam kata lain masih memiliki sisa uang yang masih banyak , maka sang orang tua pada tahun berikutnya akan mengurangi uang jajan. Berlaku hal yang sebaliknya jika sang anak berhasil menghabiskan atau hampir menghabiskan sisa uang jajannya.

Ya begitulah sistem dinegara ini yang Wakjoo tahu ketika nyemil bangku sekolah. Contoh biasa yang kadang tidak banyak orang pahami.

1. Akan ada pembenahan jalan diakhir tahun. (Meskipun terkesan asal tambal namun pasti akan ada kegiatan ini)
2. Akan ada kunjungan-kunjungan kerja di akhir tahun. (Kalau ada yang tinggal di daerah Batu pasti ngerti, karena biasanya Batu dijadikan tempat kumpul mobil-mobil plat merah rapat)
3. Kegiatan-kegiatan lain yang sebenarnya bisa dilakukan di awal-awal tahun namun seolah-olah dipaksakan ada diakhir tahun.

Hal-hal demikian dilakukan agar si anak bisa menghabiskan uang jajannya, karena ketika uang jajan habis maka tidak dikurangi jatah uang jajannya. 😀

Kira-kira begitulah 🙂
Wakjoo cuma nulis dan sepertinya begitulah hal yang Wakjoo tahu. Mungkin jika salah mohon koreksinya. Wakjoo nulis begini karena semalam bercerita dengan teman yang mengatakan ketika BBM naik maka UMR akan naik 30% , lalu apa iya kenaikan 30% UMR itu akan dapat menutupi kebutuhan sehari-hari yang disetiap lini pasti akan mengalami kenaikan harga ????
30% untuk menambah kesejahteraan atau 30% untuk memberi kebahagian palsu ????
image

Ahhhhh sudahlah , Wakjoo pikir kenaikan itu masih bisa di tunda dengan mencari jalan yang lebih bijaksana. Jikapun harus naik semoga tidak dengan harga yang tertera pada tabel tersebut.

Iklan

One response to “Dampak Kenaikan Harga BBm

  1. Ping-balik: Larangan Mobil Tua Beredar | WakJoo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s