Subtitusi Filter Udara Vario 125 dengan Supra X 125

Beberapa abad yg lalu sudah sempet Wakjoo tulis tentang filter ini. Entah kenapa hari ini kok kepengen nulis lagi 😂 . Tujuan awal dan akhir dari kegiatan ini tak jauh dari uang. Tujuan awal “uang gak cukup” hasil akhirnya “gak habis uang banyak”. Uang jajan yang gak cukup buat beli filter udara ori vario 125 yang harganya Rp 49.500 , maka menjurus ke tujuan akhir yaitu agar gak habis banyak maka dipilihlah filter udara Supra X 125 yang harganya Rp 30.000. Lalu pasti muncul pertanyaan, apa sama filter vario dengan filter supra ? Jawabnya adalah TIDAK SAMA

image

Lalu apa bisa dipasang ? Tentu Bisa 😄 kalau kepepet semua pasti ada jalan. Bagaimana cara nya ?
Pertama buang filter asli vario (yang warna hijau) lubangi rumah filternya. Melubangi bisa dengan solder / besi yang dipanaskan / cutter / Grinda , kalau wakjoo saran sih mending pake grinda karena lebih cepat dan rapih. Foto diatas itu wakjoo mengganti filter lama dengan yang baru (sama sama pakai supra).
Setelah sudah semuanya tinggal penyesuaian ukuran saja, asal bisa masuk silakan lanjutkan ke proses selanjutnya yaitu pengeleman. Berhubung ini adalah filter udara, dimana semua udara kudunya disaring lewat sini, maka kuncinya jangan sampai udara lewat celah-celah rongga yg ditimbulkan dari penempelan filter. Wakjoo sengaja menggunakan sealer kaca buat ngelem. Selain lebih mudah menutup rongga nya ini juga gak modal, soalnya sisa masang proji kemarin 😄 . Intinya tinggal dipotong lalu dipasang saja deh terus di lem.

https://djoshe.wordpress.com/2014/03/19/modifikasi-filter-udara-vario-125/
Itu ada cara serta bagaimana membuatnya lebih lengkap, tapi dulu wakjoo pake lem bakar, dan itu kurang rekomen soalnya masih menyisakan celah.

https://djoshe.wordpress.com/2014/06/10/filter-udara-vario-awet-bersih/
Selanjutnya disitu wakjoo mencoba menggunakan masker udara untuk menghemat biaya perawatan dan hasilnya lumayan menekan anggaran belanja filter.

Menggunakan part subtitusi seperti ini pasti ada hal (+) dan (-) ini tidak bisa kita pungkiri.
(-)
1. Base filter supra dengan vario berbeda, vario kertas hijau dan supra kertas kuning. Kertas kuning itu kering, Kertas hijau bersifat basah )basah disini artinya filter lebih baik mengikat debu dibanding yang filter kuning)
2. Berhubung menggunakan filter kertas , maka filter hendaknya dicek berkala.
(+)
1. Tarikan sedikit lebih ringan, ini karena pori-pori filter kuning dan luas filter supra sedikit lebih lebar.
2. Filter bisa dibersihkan (dengan angin atau diketok-ketok bukan dicuci) ini salah satu nilai plus yang utama
image

Jika ingin perawannya serta kebersihan filter ini lebih terjaga bisa cek link Awet bersih . Semoga apa yang Wakjoo tulis sedikit berguna.

jangan lakukan jika anda meragukannya 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s