Manfaat buah rambusa, obat herbal

Pernah kecil dan hidup dipedesaan merupakan suatu anugrah yang sering lupa kita syukuri. Buat kita yang pernah tinggal dioedesaan dan sering main atau ngelutus kalau sekarang sih lebih sering kita sebut dengan istilahnya ngebolang 😁😁 . Manjat pohon, berenang dikali atau kubangan air disawah, berlarian dipematang sawah dll masih banyak kegiatan-kegiatan yang tak banyak dilakukan anak zaman sekarang. Memakan buah dari tumbuhan liar bukanlah hal yang asing bagi kita dahulu. Satu tumbuhan yang baru wakjoo ketahui manfaatnya saat ini adalah manfaat herbal buah rambusa. Sering waktu pulang sekolah melewati semak-semak lalu isting kita langsung otomatis mencarinya 😄😄😄 kesenangan tersendiri jika mendapat lebih banyak dari teman. Berikut foto buahnya

image


Buah rambusa rasanya manis dan memiliki biji hitam-hitam seperti biji selasih yang biasa dibuat campuran es. Ternyata tumbuhan liar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah rambusa sangat berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

Menangkal Kanker
Zat antioksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan potassium mampu menangkal efek radikal bebas dari pertumbuhan sel-sel kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam rambusa berguna menjaga kesehatan tulang, menyehatkan tulang, serta menjaga kepadatan tulang sehingga dapat terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

Mengatasi Gangguan Ginjal
Kandungan mineral di dalamnya mempunyai kemampuan untuk mengatasi fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine.

Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan fitronutrien di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi
Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium di dalamnya juga berguna untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi.

Mengurangi Stres
Kandungan senyawa yang dimiliki mampu meningkatkan hormon rasa senang serta dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat sehingga tubuh dan otak menjadi rileks.

Manfaat mengkonsumsi buah yang tumbuh liar ini mungkin baru kita ketahui saat ini, dimana sekarang sangat sulit menemui tumbuhan ini. Wakjoo pun kemarin tak sengaja menemukan tumbuhan rambusa ini di semak-semak pagar sebuah rumah yang tidak ditempati.

image

Menilik manfaat yang istimewa ini mungkin kita akan merasa menyesal tidak menyadarinya dari dulu. Andai diketahui dan dioptimalkan mungkin akan ada produk extrak buah rambusa untuk pengobatan serta pembudidayaannya.

Iklan

3 responses to “Manfaat buah rambusa, obat herbal

  1. Selain cari tumbuhan ini di sawahan, sudah ada belum jualannya di pasar? Biasanya berapa harganya?

    • kalau diperjual belikan sepertinya belum ada..
      tanaman liar namun bermanfaat itu saja yg saya tahu

      • anik pUrwiyanti

        Wakjoo, aku buka google, ada tautan Wakjoo tentang manfaat buah rambusa. Saya butuh buah rambusa Wakjoo bisa membantu saya ? Mksh. WA saya 08125954937. Anik. Mksh bantuannya. balas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s