Harga Jual Beli Daun Jeruk Purut Cukup Menggiurkan

Siang tadi ketika mampir diwarung bakso yang ada dipematang sawah Wakjoo cukup heran karena ada motor yang membawa 2 karung penuh daun jeruk purut. Mungkin banyak yang tidak tahu apa dan bagaimana daun jeruk purut ini. Daunnya berbeda dari daun jeruk pada umumnya, daun jeruk purut ini berbentuk seperti angka delapan. Memiliki aroma khas yang sedap sehingga banyak digunakan sebagai penyedap berbagai masakan didapur.

image

Daun jeruk purut

Karena selalu penasaran Wakjoo tanyakan untuk apa, harga berapa , dijual berapa , seberapa laku daun itu , semua yang membuat penasaran Wakjoo tanyakan. Sungguh membuat kaget setelah tahu jawabannya. Begini singkatnya :

Daun jeruk ini mayoritas dari lahan milik bapak yang menggunakan motor dan sebagian milik warga kampung disekitar rumahnya. Bapak ini mengumpulkannya dan menjualnya langsung ke pasar tanjung (pasar induk kota Mojokerto). Harga jual daun jeruk purut ini cukup tinggi yaitu Rp 15.000-17.000 / kg sungguh harga yang cukup tinggi untuk tanaman yang sebelumnya belum wakjoo ketahui harganya. Bicara harga jual pastilah ada harga beli mengingat bapak ini sebelumnya bercerita kalau sebagian ada milik tetangganya. Bapak ini pun bercerita kalau daun yang diambil dari tetangganya beliau membelinya dengan harga Rp 4.000 – 5.000 / kg . Cukup lumayan untuk harga tanaman pekarangan yang biasanya hanya sekedar tumbuh dan dipetik ketika dibutuhkan untuk memasak.

Bicara daun pastilah ada buah, tidak hanya daunnya yang laku dijual. Buah jeruk purutpun memiliki harga yang tinggi yaitu Rp 10.000 /kg namun para petani biasanya lebih memilih memanen daun dibandingkan menunggu tanaman berbuah.

image

Panen jeruk nipis

Sekedar iseng wakjoo cari-cari artikel terkait soal daun jeruk ini dan memang cukup menggiurkan. Itu untuk hitungan nya.

Analisis Peluang Usaha Budidaya Jeruk Purut

Dengan luas 1 Ha, setiap tahun minimal panen 10 ton daun jeruk purut. Panen dilakukan tiap 6 bulan sekali. Harga daun jeruk purut Rp 17.000,-/kg dan batangnya pun dihargai Rp 1.000,-/kg untuk disuling. Sedangkan untuk buah dihargai Rp 10.000,-/kg. Sehingga kita bisa menjual daun, buah dan batangnya. Dengan biaya produksi Rp 30 juta per tahun dan penjualan Rp 170 Juta per tahun, kita mampu meraup keuntungan bersih Rp 140 juta belum ditambah penjualan dari batang untuk minyak atsiri. 

Biaya produksinya ini :
image

Perlu di ingat bahwa yang wakjoo tulis ini hanya sebuah gambaran / hitungan kertas. Di perjalanannya perlu usaha dan perjuangan yang pastinya tidak ada jaminan mudah. Namun perlu di ingat bahwa permintaan pasar akan kebutuhan daun jeruk purut ini cukup tinggi. Selama industri makanan masih produksi, selama itu pula daun jeruk purut ini dibutuhkan.

Semoga bermanfaat 😁

Iklan

11 responses to “Harga Jual Beli Daun Jeruk Purut Cukup Menggiurkan

  1. saya mau jual kmn ya. barang kali ada no. telp yg bisa di hub. ini no telp Saya. 0857 4081 9109 {warsito}

  2. saya pengepul buah jeruk purut.bagi teman teman yg punya buah jeruk purut siap petik ukuran bola pimpong.bisa hubungi saya.kebutuhan kontinyu.ini wa saya 081216589989

    • Pak hikam didaerah mana ya? Saya punya 1 pohon daun jeruk purut dengan buah nya banyak mungkin bapak berminat untuk membeli. Terimakasih

  3. Assalamualaikum, bapak masih jual daun jeruk purut? Bisa mintak kontak?

  4. Agus supriyanto

    Saya mau jual daun dan buah jeruk purut bagi yg berminat.bs menghubungi 082371119295

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s