Penyebab Indikator Suhu Vario 125 Menyala Merah

Warna merah yg menyebalkan

Lampu indikator merah itu sangat menjengkelkan, membuat perjalanan anda menjadi tak lagi tenang. Jika diteruskan berkendara bukan tak mungkin mesin akan AMBYAR seperti hati yg ditinggal kekasih hati ๐Ÿคฃ

Sebenarnya apa sih penyebab nyalanya indikator suhu pada vario ini :

  1. Air radiator kering , ini bisa saja terjadi karena usia pakainya. Karena jarang dikontrol atau dicek, bukan tidak mungkin air radiator ini habis tanpa kita ketahui sebabnya atau mungkin malah ada kebocoran.
  2. Rusaknya waterpump , apasih waterpump ? Waterpump itu pompa air ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜… ya iyalah wkwkw dalam motor ini, sirkulasi air radiator dialirkan melalu peran nya. Kemungkinan rusaknya waterpump ini bisa diakibatkan oleh keringnya air radiator, sehingga seal yg terbuat dari karet didalamnya dapat menjadi rusak/getas karena panasnya mesin yg tanpa pendinginan air radiator.
  3. Termostat mogok kerja , ini juga bisa menjadi biang kerok soal panasnya mesin karena sirkulasi air radiator terhambat. Karena kerja termostat ini adalah sebagai pintu air radiator. Dimana pada titik suhu tertentu termostat ini akan terbuka, sehingga air rydalat bersirkulasi. Jika tidak maka motor pun bisa jadi rusak ๐Ÿ˜‚

Beberapa penyakit diatas biasanya menjadi penyakit utama yang membuat indikator menyala. Jadi jika terjadi hal seperti itu, cek saja mereka.

Tuh Wakjoo kasih vidio asiknya waktu indikator menyala wkwkwk

Honda Supra Motor Irit Cocok Untuk Beraktivitas

Honda SUPRA , salah satu motor bebek yang masih langgeng sampai saat ini. Bahkan saat ini ada 3 model motor bebek dengan label Supra.

  1. Supra X 125 TR dan TX ( TR / velg ruji dan TX / velg racing dobel cakram)
  2. Supra X 125 Helm-in ( Bagasi muat helm halfface dan tanki lebih lega dibandingkan Supra 125 tipe TR dan TX
  3. Supra GTR ( untuk tipe ini sangat superior karena bermesin 150cc dengan monoshock dan diameter skok depan yg seukuran CB150R)

Tapi kali ini Wakjoo bahas konsumsi Supra X tipe TR, motor inventaris dari kantor buat jalan-jalan sehari-hari. Ada yg bilang ” 1 liter BBm di Supra bisa nganter kita ke ujung dunia” ๐Ÿ˜‚ Berasa lebay memang namun apa benar demikian ? Yuk coba kita itung-itungan pake foto dan kalkulator. Rute yg Wakjoo lewati saat itu Mojokerto-Lamongan-Bojonegoro-Tuban (lalu balik ke Mojokerto lagi)

Dengan pengisian awal Rp 25.016 (3.27 Liter) fulltank di Bojonegoro odometer menunjukan angka 17.291,2 Km . Seharian muter Bojonegoro terus lanjut ke Tuban sisi Barat ๐Ÿ˜‚ lalu balik pulang ke Mojokerto. Berikut Wakjoo kasih Screenshot rute perjalanan saat hari itu.

Jalan dilalui saat uji konsumsi bbm

Setelah seharian berkeliling maka balik pulang ke Mojokerto. Besoknya ke Sidoarjo dan bensinnya sekarat ๐Ÿ˜‚ ya wajar sih sekarat lha udah jalan jauh, sambil berdoa agar tak kehabisan BBm ditengah jalan. Akhirnya berjumpa dengan SPBU ๐Ÿ˜š Langsung minta Full , agar berasa falid dengan metode Full to Ful .

Oke dengan foto ini Wakjoo dapat angka odometer 17.291,2 Km dan indikator BBm kritis ๐Ÿ˜‚ untung aja ga sampe dorong wkwkw karena mengingat tanki Supra ini hanya …. Liter.

Oke kita hitung, dengan start full di kilometer 17.291,2 dan berakhir di 17.525,9 maka Wakjoo menempuh jarak 234,7 Km. BBm yang diminum oleh Supra ini 3,67 Liter . Lalu coba kita hitung konsumsinya perliter 234,7 รท 3,67 = 63,95Km/L

Nahhh lhoooo , angka segitu ga boros kan ? ๐Ÿ˜…

Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa motor Supra sering dipakai untuk pekerjaan dilapangan.

Waktu Ideal Untuk Beristirahat Saat Touring

Touring , sebuah kata yg entah bagaimana itu rasanya. Lupa sudah raga dan jiwa ini tuk mengingatnya ๐Ÿ˜… . Berpergian dengan kendaraan bermotor melintasi beberapa kilometer jarak, baik sendirian maupun berombongan kita pasti akan merasakan apa yang dinamakan lelah. Lelah disini bisa ngantuk, kram, pegal dan berbagai hal lainnya yang membuat kenyamanan dalam berkendara itu berkurang. Salah satu obat yg paling mujarab adalah beristirahat.

Didalam sebuah perjalanan, ingatlah bukan waktu tercepat dan bukanlah jarak terjauh yg menjadi pokok perjalanan. Namun intinya adalah keselamatan. Ukuran cepat dan jarak yg jauh akan sirna jika kita tidak selamat.

Maka perhatikanlah kondisi fisik dan psikis kita sendiri, karena yg tahu kita adalah kita sendiri. Normalnya berkendara terus diatas motor ialah 2jam, lebih dari ini konsentrasi pastilah akan berkurang. Pengaruh lalulintas jugalah sangat vital dalam keadaan ini. 30menit berpanas-panasan dengan 1jam mengendarai kendaraan ditepian pantai pastilah sangat berbeda. Pasti lebih emosional jika kalian mengendarai motor ditepian pantai dengan mengenang mantan ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ.

Jangan sampai dehidrasi, maka cukupkanlah mengkonsumsi air ketika diperjalanan.

Pokoknya , istirahat lah jika sudah mulai merasakan konsentrasi menurun dan ketika mengantuk. Karena keselamatan kita dan pengendara lainnya itu saling berhubungan. Kita sudah hati-hati, namun orang lain tidak hati-hati, begitu pula sebaliknya.

Blogger dan Vlogger Berkumpul Dalam Acara MPM Honda Jatim

Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April 2019 , Wakjoo berkesempatan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh MPM Honda Jatim dengan tema MAKE FUN BLOG AND VLOG.

Melihat cepatnya laju penyebaran informasi di era digital ini, MPM Honda Jatim merangkul beberapa Blogger dan Vlogger se_Jatim untuk ikut menjaga keabsahan berita-berita serta informasi yang disampaikan. Melalui media blog dan vlog mereka masing-masing. Karena akhir-akhir ini banyak informasi yang beredar tidak dapat dipertanggungjawabkan ke benaranya. Begitulah pesan dari Bapak Eko selaku perwakilan dari MPM Honda Jatim dalam sambutannya.

Diacara ini MPM Honda Jatim tak sendiri, ada juga komunitas Jatimotoblog yang diwakili oleh Kang Priyo serta Pak Heru Kuncahyo sebagai narasumber dibidang Blogger dan Vlogger. Keduanya memotivasi serta memberikan ilmunya, tips-tips dalam dunia blog serta motivasi kepada kami selaku peserta untuk dapat terus berkembang.

Pembayaran Denda Tilang


Beberapa minggu yg lalu Wakjoo merasakan lagi ketilang, didaerah Medaeng. Biasanya sih kalau ada operasi dijalan Wakjoo aman-aman aja. Tapi apes waktu operasi kali ini, dimana ketika surat-surat ditunjukkan. SIM C nya ga kebawa ๐Ÿ˜‚ padahal ga pernah keluar dari dompet. Langsung deh, digiring oleh petugas yg sedang bertugas ๐Ÿ˜….

Tak banyak basa-basi, tanpa negosiasi. Surat tilang pun ditulis dengan cekatan ๐Ÿ˜… maklum yg ketilang banyak. Sempat ditanya, sama petugas.

Salahnya apa mas , surat dan SIM ada gini kok. (Sambil bolak balik SIM, lalu dilanjutkan menulis dan menyerahkan SIM kembali ke saya). Wes mene ndang diurus SIM e. (Sambil menyerahkan surat tilang)

Tidak berselang lama, mungkin sekitar 30 menit. Ada SMS masuk dengan format seperti diatas. ๐Ÿ˜… Tapi berhubung males Transfer (lagi kering). Ya wes, surat itu tetep Wakjoo bawa aja. Alhasil sampe tanggal sidang, Wakjoo pun belum bayar ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Baru sempat tadi Wakjoo ambil ๐Ÿ˜‚  kelewat sekitar 10hari dari waktu sidang. Ternyata ga ribet sama sekali, meski didepan ada beberapa calo yg menawarkan jasa (Wakjoo ga ditawari, maklumlah tadi pake seragam kusut jadi mungkin calonya juga males) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…. Lha kok ada orang didepan Wakjoo titip minta diambilin calo, nambah 30rb dari total denda ๐Ÿ˜ kasihan. Padahal jarak dari parkiran ke Loket pembayaran ga sampe 200meter ๐Ÿ˜‚

Proses nya cuma kasih surat tilangnya – dicarikan berkasnya – bayar nominal dendanya – selesai ๐Ÿ˜… ga sampe 3 menit (ga ada antrian soalnya)

Dapet kembalian ๐Ÿ˜‚

Jadwal nya kejaksaan Sidoarjo, barang kali perlu

Mood Menulis gak Pernah Salah

Sudah ribuan atau bahkan ratusan ribu detik terlalui tanpa menulis disini. Cek setiap sudut artikel, ada komen ada like ada laba-laba ada juga kura-kura dengan anaknya sang siput diujung artikel ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ halahhh, entahlah.

dari dia aku belajar


Mood nulis itu sulit dapetnya, lagi duduk diteras mood muncul. Giliran berdiri ke kamar ambil gadget buat nulis, malah balas chat-chat yg tak terlalu penting (seringnya begitu). Mungkin disinilah uniknya nulis dengan mood. Kalau mood baik tulisan baik, kalau tulisan jelek ya jangan nyalahin mood karena mood gak tau apa-apa tentang yg aku tulis.

Ya insyaAllah diniatkan lagi untuk menulis ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ sedikit gregetan soalnya kemarin punya barang ehhh diliput dan ditulis sama media hehehee… Kan mood ku jadi ON lagi hehe

Jangan berharap mendapat sebuah keuntungan yg lebih setelah membaca ini. Karena sungguh, mendapatkan mood baca tulisan ga penting beginipun sejatinya adalah kebetulan dua mata (bukan semata).
Wakjoo siap hidup lagi ๐Ÿ˜‡

Cara Upgrade Kartu 4G Telkomsel

Pagi tadi kebetulan cek kuota internet, ternyata bener-bener udah menipis. Akhirnya iseng deh cari-cari buku rekening. Setelah ketemu mandi lalu berangkatlah ke Galery Telkomsel di Mojokerto (lokasinya di ruko-ruko sebelah dealer honda Eka Prima Jl Gajahmada).

Ambil nomor antrian

Setelah itu nunggu deh sampai dipanggil. Oh iya, untuk syarat penukaran kartu ini cukup :

  1. Bawa nomor yg akan diupgrade
  2. KTP
  3. Serta buku tabungan (jika nomor yg akan diupgrade digunakan untuk mobile bankig)

Nanti akan diberi form dimana kita harus mengisi data (beberapa nomor yg terakhir dihubungi). Setelah diisikan lalu kita tunggu sebentar. Dan……. 

Kartu Telkomsel yg sudah di upgrade

Langsung saja masukkan ke Handphone dan langsung bisa digunakan.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘

Untuk biaya, perkartu yg diupgrade dikenakan biaya Rp 10.000,- berhubung wakjoo menukarkan 2 kartu jadi total Rp 20.000,-. Lalu CS menawarkan membeli paketan, yah wakjoo mau aja karena kebetulan paketan juga sudah menipis. Maka belilah paketan dg harga paling minim yaitu Rp 38.000,-. Karena pulsa tidak mencukupi maka wakjoo beli pulsa dulu Rp 40.000,- di galery. Ternyata karena beli pulsa itu biaya admin penukaran kartu yg Rp 20.000,- itu menjadi free ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Semoga bermanfaat infonya